Image Description
Doni Rahmanto Kamis, 23 Juni 2022 pukul 19.08 WIB
25 views | Share:

Terapkan Nilai Pancasila dalam Mendidik Anak Bangsa

Kepemimpinan berdasarkan nilai Pancasila harus diterapkan oleh setiap warga negara termasuk oleh Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) Guru, guna mewujudkan kinerja guru yang lebih profesional dalam mendidik generasi bangsa, tutur Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat saat menjadi narasumber pembekalan bagi P3K Formasi 2021 di Sasana Adipura Kencana, Kamis, (23/06/2022).

Lanjutnya, kecintaan terhadap Pancasila menjadi dasar penting bagi setiap guru di Kabupaten Wonosobo utamanya dalam memberikan pendidikan yang baik untuk mengabdi kepada bangsa dan negara tercinta.

“Sesuai dengan perintah Bapak Joko Widodo Presiden RI, bahwa semua guru dituntut menerapkan nilai Pancasila saat memberikan pengajaran, saya mohon kepada P3K Guru di Wonosobo juga melaksanakan hal tersebut,” pinta Afif.

Guna menghadapi era kemajuan yang makin kompetitif, Afif menekankan pentingnya meningkatkan kompetensi atau kemampuan komunikasi bahasa Internasional, bahasa inggris. Selain itu,  guru juga harus mampu mengayomi, melindungi, dan melayani penuh kasih sayang kepada peserta didik.

Selain itu Afif berpesan, guru bersama pemerintah setempat dan masyarakat bergotong royong memajukan pendidikan di Wonosobo.

“Mari kita bergotong royong membantu anak-anak di Wonosobo agar terus bersekolah, apapun kendalanya kita harus mampu menyikapinya dengan bijak,” imbuhnya.

Senada dengan Afif, Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar juga menyampaikan, pentingnya untuk bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki saat ini. Di dalam mengabdi, Albar berharap P3K Guru melaksanakan tanggungjawab dengan totalitas, karena masih banyaknya pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan terkait kemiskinan dan angka putus sekolah.

“Saya meminta P3K Guru di Wonosobo terus bersyukur melaksanakan tugas dan kewajiban dengan totalitas,” harapnya.

Sementara itu, di depan 877 P3K Guru yang hadir Sekretaris Daerah Wonosobo One Andang Wardoyo menambahkan, guru harus memperkaya literasi guna menjadikan Wonosobo yang bermartabat, maju dan sejahtera. Juga meminta dalam menjalankan tugasnya selalu menjunjung tinggi kedisiplinan dan profesional kerja.